Banyak WNA China Bekerja di Proyek KCIC, Aa Umbara Minta Warga Waspada Virus Corona


0


Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, NGAMPRAH – Bupati Bandung Barat, Aa Umbara meminta masyarakat Kabupaten Bandung Barat (KBB) untuk waspada terkait penyebaran virus corona karena banyak WNA China yang bekerja di proyek Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) di KBB.

Berdasarkan data terakhir Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) KBB, proyek kereta cepat Jakarta-Bandung di wilayah KBB melibatkan 112 WNA asal Cina yang bekerja pada bagian teknis.

WNA China diketahui mulai mengerjakan proyek KCIC di KBB pada tahun 2017, tepatnya setelah ada surat dari Direktur PT China Railway Grup Limited Nomor 052/CRGL/KT/I/3019 perihal keberadaan tenaga kerja warga negara asing pendatang (TKWNSP) tertanggal 21 Januari 2019.

“Disini banyak warga asing yang sudah lama bekerja (di KCIC), kemudian pas Imlek pulang ke negaranya, lalu balik lagi kesini, jadi warga di setiap desa harus waspada,” ujarnya saat ditemui di Pemkab Bandung Barat, Senin (27/1/2020).

Terkena Cipratan Ludah Sopir Angkot, Penumpang Ini Marah Lalu Tusuk Sang Sopir Berulang Kali

Disinggung terkait bakal ada permintaan larangan WNA China yang sudah pulang tidak kembali dulu ke KBB, Aa Umbara mengatakan, semua terkait teknis bakal dilakukan Disnakertrans dan Dinas Kesehatan KBB.

“Kita sudah rapat dengan Disnaker, Dinkes dan Disparbud untuk antisipasi wisatawan asing yang datang dari China, tadi semuanya kita sudah rapat,” katanya.

Ia mengatakan, antisipasi virus corona dari WNA China yang bekerja di proyek KCIC memang perlu dilakukan agar tidak menyebar ke masyarakat Bandung Barat, terlebih ada pekerja yang sudah suspect virus tersebut.

Ini Tiga Besar Open Bidding Kadis di Purwakarta, Besok Pejabat yang Lolos Bakal Tes Kesehatan

“Terutama di puskesmas dan desa-desa di KBB yang banyak tenaga asing bekerja di proyek KCIC, harus waspada,” ucap Aa Umbara.

Terkait hal ini, pihaknya akan segera berkomunikasi dengan pihak KCIC agar mereka bisa melakukan antisipasi penyebaran virus corona dari WNA China.





Lanjut Baca


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
infopolitik

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *