Kurnia Agustina Targetkan Posyandu Multifungsi


0


TIMESINDONESIA, BANDUNG – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bandung Kurnia Agustina Naser menargetkan Kabupaten Bandung bisa meraih strata Posyandu Multifuangsi. Hal ini menurutnya penting untuk lebih mengoptimalkan capaian posyandu di Kabupaten Bandung, terlebih lagi Posyandu Multifungsi kini sudah menjadi standar posyandu nasional.

“Kita targetkan bisa meraih strata Posyandu Multifungsi. Saat ini kita sudah 70 persen mencapai strata Posyandu Mandiri dari total 4.299 posyandu yang ada di Kabupaten Bandung. Sisanya strata Madya dan Purnama. Doakan mudah-mudahan target Posyandu Multifungsi ini bisa tercapai untuk meningkatkan juga Indeks Pembangunan Desa (IPD),” kata Kurnia saat Jambore Pokjanal Posyandu di Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jumat (14/2/20).

Menurut Nia, sapaan Kurnia, untuk meraih strata Posyandu Multifungsi tersebut tantangannya cukup berat. Sebab posyandu harus bisa berinovasi dan mengintegrasikan programnya dengan program pembangunan pemerintah, terutama pembangunan di tingkat desa.

“Posyandu Multifungsi ini dinilai punya peran strategis dalam rangka peningkatan Indeks Pembangunan Desa (IPD),” jelasnya.

Kendati begitu istri dari Bupati Bandung Dadang M Naser ini optimistis sebab posyandu di Kabupaten Bandung sudah ada dua posyandu yang berprestasi di tingkat Provinsi Jawa Barat maupun nasional. 

“Untuk meraih strata Posyandu Multifungsi ini memang menjadi tugas yang berat karena sudah menjadi standar nasional. Tapi saya yakin dengan semangat sabilulungan dan kepekaan dari Pokjanal dan Poka Desa serta para kader posyandu dalam membangun sinergitas, mudah-mudahan bisa menjadi pendorong untuk terus melakukan perbaikan, sehingga strata Posyandu Multifungsi ni bisa tercapai,” ucap Nia.

Untuk mencapai strata Posyandu Multifungsi ini, TP PKK Kabupaten Bandung bersama Pokjanal dan Pokja desa akan terus mengawal para kader posyandu untuk mampu mendukung penuh terhadap program pemerintah. 

“Termasuk juga dalam inovasi programnya,” tandas Nia.

Ia menjelaskan Jambore Kelompok Kerja Operasiaonal (Pokjanal) Pos Pembinaan dan Pelayanan Terpadu (Posyandu) ini diikuti para sekretaris desa di 270 desa, sekretaris kelurahan di 10 kelurahan, dan sekretaris kecamatan dari 31 kecamatan di Kabupaten Bandung. Kegiatan jambore ini dalam rangka sosialisasi strata Posyandu Multifungsi dengan menghadirkan para narasumber berbagai disiplin ilmu. (*)





Lanjut Baca


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
infopolitik

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *