Pembangunan Waterboom di Sesar Lembang Diprotes Warga, Ini Kata Bupati Aa


0


Bandung Barat

Rencana pembangunan waterboom di kawasan Gunung Batu, Kampung Suka Tinggal, RT 1/2, Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), masih mendapat penolakan dari warga.

Alasan utamanya, karena waterboom tersebut dibangun di Kawasan Bandung Utara (KBU) dan berada di garis Sesar Lembang sehingga akan berdampak ke warga.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna, mengatakan persetujuan dari warga atau istilahnya perizinan tetangga merupakan dasar penerbitan izin dan rekomendasi pembangunan dari pemerintah daerah.

“Kalau ada penolakan dari warga berarti izin tidak keluar. Karena dasar perizinan itu harus ada persetujuan dari warga,” ujar Aa Umbara saat ditemui usai paparan di LPMP Jawa Barat, Jalan Cimareme, KBB, Selasa (18/2/2020).

Menurutnya kalau perizinan dari warga tidak dikantongi, otomatis pengembang tidak akan bisa mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan izin lainnya.

“Untuk yang waterboom ini, kalau warga sudah menolak tentu perizinan tidak bisa dilanjutkan ke tahap selanjutnya. Izin juga enggak akan keluar karena tidak ada dasarnya, apalagi ditolak warga setempat. Warga, RW, desa, kecamatan, itu urutannya,” tuturnya.

Untuk itu, pembangunan waterboom tersebut dipastikan tidak boleh dilakukan selama pihak pengembang belum memiliki izin dari warga.

Ketua RW 02 Desa Pagerwangi, Wawan, membenarkan bahwa di Gunung Batu akan dijadikan waterboom. Namun sejauh ini, warga setempat belum mendapatkan sosialisasi terkait pembangunan wahana wisata tersebut.

“Pengembang atau pemerintah belum ada sosialisasi. Jadi warga dan pengurus RT/RW menolak rencana pembangunan itu,” ujar Wawan.

Saat ini lokasi pembangunan waterboom sudah dipasangi seng. Selain itu ada juga papan dengan tulisan ‘Mohon Maaf! Untuk Sementara Waktu Lokasi Ini Ditutup Untuk Umum Karena Dalam Penataan’.

(mud/mud)



Lanjut Baca


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
infopolitik

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *