31.2 C
Jakarta

Ziarah Raodhah Impian semua Jemaah Haji Indonesia

JAKARTA – Pemerintah Arab Saudi menetapkan aturan masuk Raudhah sejak tahun 2022 untuk jemaah haji dengan menggunakan jadwal dan tasreh.

Jadwal dan tasreh akan diinformasikan oleh Daker Madinah kepada ketua kloter dari masing-masing embarkasi dan kloter.

Terdapat perbedaan jadwal jemaah laki-laki dan perempuan. Perempuan hanya pada waktu pagi yaitu dimulai pukul 06.00 – 10.00 sedangkan laki-laki pada waktu dhuhur, asar dan dini hari.

Jamaah akan diatur perembarkasi/kloter oleh petugas seksus Madinah untuk dipastikan jumlahnya dan ketepatan waktunya.

Setelah itu akan masuk bersamaan dengann tasreh yang sudah disediakan dalam bentuk Print out dan akan masuk digerbang pintu 37 atau pintu Bilal Bin Rabah

Antusias para jamaah terlihat dengan sumbringah untuk memasuki Raodhah ada yang bersalawat ada yang berzikir ada yang berderai airmata untuk mengungkapkan rasa bahagia karena bisa berziara ke Raodhah untuk mengunjungi makam Rasulullah SAW.

Jemaah yang masuk berbagai usia dan generasi ada remaja, ibu-ibu, lansia dan ada yang menggunakan kursi roda atau tongkat semua menunjukan semangat kegembiraan.

Petugas Seksus Nabawi mengatur lalulintas pergerakan jamaah satu jam sebelum jadwal yang ditentukan, dengan urutan yang paling depan adalah yang menggunakan kursi roda diikuti pendorongnya berbaris satu persatu satu didampinggi oleh petugas seksus Nabawi agar bisa masuk dengan tertib tanpa berdesakan walaupun tetap antri.

Setiap Jamaah Haji akan menggunakan Tasreh sekali kunjungan ke Raodhah kecuali jika Jamaah berinisiatif sendiri melalui jalur mandiri yaitu nusuk dengan menggunakan aplikasi secara online yang juga berlaku sesuai waktu dan jadwal yang ditetapkan pemerintah Arab Saudi

Semua jamaah haji Indonesia yang berkunjung ke Madinah pasti ingin berziarah ke Raodhah.

Maka, beruntunglah yang memiliki kesempatan untuk bisa mengunjungi Raudhah yang merupakan taman surga.

Ibnu Hajar RA berpendapat ada tiga poin yang bisa disimpulkan ketika kita berziarah ke Raoddhah:

Pertama, tempat ini serupa dengan taman surga. Jika orang berdoa di Raudhah, akan merasakan damai layaknya di surga.

Kedua, bagi yang beribadah di Raudhah bisa menjadi penyebab masuk surga.

Ketiga, tempat tersebut (Raudhah) akan diangkat atau dipindahkan kembali ke surga.

Dan saat ini jamaah haji Indonesia sudah di dorong untuk memasuki kota makah khususnya untuk gelombang satu mereka akan melaksanakan umrah dan Ibadah haji.

Sedang gelombang dua akan melaksakan terlabih dahulu lalu didorong ke Madinah untuk melaksanakan Arbain dn Ziarah Raodhah setelah itu pulang ke tanah air.

Haji Indonesia Ramah Lansia – Mabrur Sehat Barokah

Oleh: Raguan Aljufri

Jemaah Haji Indonesia 2023

Berita Terbaru

Populer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here