30 C
Jakarta

Ketua IOF Papua Barat Gabriel Simanjuntak Ajak Masyarakat Bersih Lingkungan

SORONG – Ketua Indonesia Off-Road Federation (IOF) Papua Barat, Gabriel Simanjuntak, mengajak semua kalangan untuk aktif menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah pada tempatnya.

“Ajakan buanglah sampah pada tempatnya mungkin sudah biasa didengar bahkan menjadi slogan. Tapi ini harus benar-benar kita praktikkan dalam keseharian. Jangan lagi membuang sampah sembarangan,” ujar Gabriel dalam refleksi peringatan Hari Peduli Sampah Nasional pada Selasa, 21 Februari 2023.

Gabriel Simanjuntak yang juga menjabat Direktur Utama BUMD PT. Malamoi Olom Wobok (MOW) menegaskan, setiap negara ataupun daerah maju pasti memiliki budaya bersih, dan disiplin dalam kesehariannya.

Masyarakat di negara maju ataupun daerah maju, pada umumnya memiliki kesadaran tinggi akan pentingnya menjaga kebersihan dan menjaga lingkungan yang sehat.

Karena itu, lanjut Gabriel, masyarakat Papua Barat dan Papua Barat Daya, harus bisa mencontoh kedisiplinan daerah atau negara maju tersebut dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Menjaga kebersihan ini harus jadi kebiasaan kita, dan kalau sudah biasa akan menjadi budaya. Nah, budaya bersih, budaya membuang sampah pada tempatnya ini harus kita bangun,” lanjut Gabriel.

Ia juga menjelaskan bahwa kepedulian terhadap lingkungan yang bersih dari sampah harus menjadi tanggung jawab bersama semua pihak. Baik pemerintah, swasta, LSM, dan masyarakat umum utamanya di Papua Barat dan Papua Barat Daya.

Jika masalah sampah dan kebersihan lingkungan hanya dianggap tanggung jawab satu atau dua pihak saja, maka dapat dipastikan lingkungan bersih dari sampah akan sulit terwujud.

“Kebersihan dan menjaga lingkungan dari sampah ini harus jadi kesadaran bersama. Harus jadi gerakan bersama seluruh masyarakat Papua Barat. Sebab lingkungan dan udara yang bersih juga untuk kita bersama. Maka ayo kita sama sama sadar untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan,” tandas Gabriel.

Berita Terbaru

Populer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here