29.1 C
Jakarta

Disemprot DK PBB, Kim Jong Un Awasi Pusat Pertanian Korut

JAKARTA – Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un memantau pusat pertanian yang dilanda topan. Ia juga mengawasi helikopter militer yang menyemprotkan pestisida dalam upaya menyelamatkan tanaman utama.

Badai Tropis Khanun membuat pendaratan minggu lalu di Utara, negara di mana bencana alam dapat menghancurkan karena infrastruktur yang lemah dan deforestasi yang meluas, yang meningkatkan kerentanan terhadap banjir.

Kunjungan itu dilakukan beberapa jam setelah Dewan Keamanan PBB menuduh rezim Korea Utara menghabiskan banyak uang untuk program senjata nuklirnya sementara rakyatnya kelaparan dan kekurangan kebutuhan pokok.

Pada Kamis (17/8), agen mata-mata Korea Selatan mengatakan kepada anggota parlemen bahwa sekitar 240 warga Korea Utara telah mati kelaparan antara Januari dan Juli tahun ini, anggota parlemen Yoo Sang-bum mengatakan kepada wartawan setelah pengarahan.

Kantor Berita Pusat Korea, KCNA mengatakan, Kim Jong Un mengunjungi sawah di Provinsi Kangwon yang telah dibanjiri oleh topan, tetapi memperkirakan “pemulihan total dari kerusakan” berkat patriotisme tentara yang membantu menyelamatkan hasil panen.

Gambar KCNA menunjukkan Kim Jong Un, dengan jaket putih dan celana panjang, berjongkok di tepi sawah sementara helikopter militer menyemprot tanaman.

Pemimpin Korea Utara itu mengatakan tanggapan cepat militer terhadap kerusakan topan telah “melakukan keajaiban memulihkan lahan pertanian yang terendam banjir dalam rentang waktu singkat”.

Tetapi beberapa ahli mempertanyakan seberapa efektif tindakan itu.

“Perintah Kim Jong Un untuk memobilisasi pesawat angkatan udara hanyalah sebuah pertunjukan,” kata An Chan-il, seorang pembelot yang menjadi peneliti yang menjalankan Institut Dunia untuk Studi Korea Utara, kepada AFP.

“Waktu yang tepat untuk penyemprotan pestisida pada tanaman telah berlalu,” katanya, seraya menambahkan bahwa ketergantungan pada militer untuk memulihkan kerusakan akibat topan menunjukkan sumber daya lain yang tersedia mungkin habis.

Pada Kamis, agen mata-mata Seoul mengatakan orang-orang kelaparan di Korut, dengan ekonomi negara terjebak dalam “lingkaran setan” dengan pertumbuhan negatif selama tiga tahun dari 2020 hingga 2022.

Produk dalam negeri Korut mengalami penurunan signifikan sebesar 12 persen pada 2022 dibandingkan dengan 2016, kata badan tersebut kepada anggota parlemen saat pengarahan, menurut anggota parlemen Yoo.

Jumlah warga Korea Utara yang dikatakan meninggal karena kelaparan antara Januari hingga Juli lebih dari dua kali lipat rata-rata tahunan baru-baru ini yaitu 110 orang.

Korea Utara secara berkala dilanda kelaparan, dengan ratusan ribu orang meninggal – diperkirakan mencapai jutaan – pada pertengahan 1990-an.

Negara mengadakan pertemuan partai tingkat tinggi pada bulan Februari untuk secara khusus mengatasi kekurangan pangan dan masalah pertanian.

Saat badai mendekati semenanjung, Korut telah melakukan “kampanye dinamis untuk mengatasi bencana iklim abnormal” dan menyerukan langkah-langkah untuk meminimalkan kerusakan pada hasil ekonomi negara itu, lapor media pemerintah.

Awal pekan ini, Kim mencaci pejabat yang “tidak bertanggung jawab” karena gagal mencegah kerusakan akibat badai.

Penekanan Pyongyang baru-baru ini pada sektor pertanian “tampaknya karena putus asa bahwa masalah pangan bisa menjadi masalah serius”, kata Hong Min dari Institut Korea untuk Unifikasi Nasional kepada AFP.

“Kunjungan koreografer Kim dan teguran pejabat senior tentang persiapan topan” menunjukkan rezim sadar bahwa kekurangan pangan dapat berdampak pada dukungan domestik, terutama karena meningkatkan konfrontasi dengan Amerika Serikat, kata Hong.

Terlepas dari situasi ekonomi yang sulit, Pyongyang telah melakukan serangkaian tes senjata yang memecahkan rekor tahun ini, termasuk rudal balistik berbahan bakar padat pertamanya – yang menurut para ahli merupakan terobosan teknologi besar.

Sumber: AFP

Berita Terbaru

Populer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here